YouTube Music Memperkenalkan Fitur Berbagi Radio Pribadi dengan Pengguna Lain

YouTube Music telah menjadi pilihan utama bagi banyak pecinta musik. Selama bertahun-tahun, aplikasi musik ini terus menghadirkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Kini, YouTube Music kembali menambahkan alasan bagi para pengguna untuk mempertimbangkan aplikasi ini dengan memperkenalkan fitur yang memungkinkan Anda berbagi radio pribadi dengan orang lain dan menyematkannya di profil Anda.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh seorang pengguna Reddit, yang membagikan postingan bersama dengan tautan ke radio pribadinya yang dapat dibagikan, berisi lagu-lagu berdasarkan musik yang baru-baru ini ia dengarkan. “Baru saja mendapatkan playlist publik yang dapat dibagikan dan diperbarui secara real-time berdasarkan apa yang biasanya saya dengarkan,” tulisnya.

Deskripsi dari radio pribadi ini menyatakan, “Dibuat untuk dibagikan. Berdasarkan musik terbaru mereka dan selalu diperbarui.”

Mendengarkan musik perlahan menjadi aktivitas sosial, dengan orang-orang semakin terhubung melalui musik yang sama. Playlist publik ini tersedia sebagai radio pribadi di aplikasi YouTube Music. Perlu dicatat bahwa fitur radio pribadi ini telah tersedia di aplikasi YouTube Music selama beberapa waktu, dan playlist tersebut diperbarui setiap hari berdasarkan lagu-lagu yang paling sering didengarkan atau yang sering dipilih oleh pengguna aplikasi setiap harinya.

Radio pribadi baru di YouTube Music ini menghadirkan pendekatan yang komprehensif untuk setiap individu, dengan fokus pada kebiasaan mendengarkan satu pengguna pada satu waktu, daripada mengumpulkan dan mencampurkan beberapa lagu dari setiap teman. Pemilihan lagu dilakukan oleh algoritma yang memantau aktivitas dalam aplikasi dan perilaku mendengarkan lagu untuk menghasilkan playlist dari lagu-lagu yang paling disukai pengguna. Pengguna dapat memeriksa ini dengan mengunjungi profil mereka, lalu memilih opsi saluran Anda, dan menggulir ke bawah untuk melihat empat statistik teratas mereka.

– Buka aplikasi YouTube Music dan klik ikon profil Anda.
– Pergi ke pengaturan dan klik opsi privasi dan lokasi.
– Temukan radio pribadi publik dan klik sakelar di sebelahnya untuk mengaktifkannya.
– Konfirmasikan perubahan, dan Anda akan dapat berbagi radio pribadi Anda dengan orang lain.

Perlu dicatat bahwa fitur radio pribadi baru di YouTube Music ini diluncurkan secara bertahap. Jadi, jika Anda belum menemukannya di perangkat Anda, Anda mungkin harus menunggu hingga Google mengaktifkannya untuk lebih banyak pengguna. Menurut laporan dari 9to5Google, pembaruan ini hanya tersedia bagi pengguna YouTube yang telah mengatur statistik mereka ke publik.